(CONSTRUCTION SERVICES DEVELOPMENT BOARD)

LPJK Sebagai Nara Sumber dalam Training Wartawan Harian Riau Mandiri

Selasa, 28 September 2010



Pada hari Sabtu, 23 Januari 2009, bertempat di Hotel Furaya, Pekanbaru, Riau, telah berlangsung acara Training Wartawan Harian Riau Mandiri, yang antara lain menghadirkan Dewan Pengurus Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN) sebagai salah satu nara sumbernya.

Dalam training satu hari penuh yang dibuka Wakil Pemimpin Umum Riau Mandiri H. Dheni Kurnia ini, hadir Pemimpin Redaksi dan Pemimpin Perusahaan Harian Riau Mandiri, Gatot Bibit Bibiono dan Gerry Nasri. Sebagai nara sumber, selain dari Dewan Pengurus LPJKN, juga ikut memaparkan makalahnya dalam acara tersebut adalah Kasub Auditorat Riau I BPK, Rudi Nurprianto.

Dewan Pengurus LPJKN yang dalam kesempatan itu diwakili oleh Bapak Garwono Winardi Surarso, membawakan materi bertema “Peran LPJK dalam Mengawasi dan Menindak Kontraktor Nakal” di hadapan 120 orang peserta training yang terdiri dari Wartawan dan Redaktur Pelaksana Harian Riau Mandiri dari 9 (sembilan) Kabupaten /Kota di Provinsi Riau.

Beberapa pokok paparan yang disampaikan Garwono, antara lain adalah tentang tugas LPJK sesuai amanat Undang Undang 18 tahun 1999, implementasi pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 28, 29 dan 30 Tahun 2000 beserta peraturan pelaksanaannya, serta implementasi Peraturan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nomor 12A Tahun 2008 mengenai monitoring, pembinaan, sanksi terhadap Badan Usaha dalam rangka tertib penyelenggaran konstruksi, dengan pengawasan dan penertiban terkait dengan penyalahgunaan Sertifikat Badan Usaha (SBU) dalam pelelangan proyek.

Di sela acara training, Bapak Garwono atas nama Ketua Umum Dewan Pengurus LPJK Nasional menyerahkan 3 (tiga) set buku kepada Pemimpin Redaksi Harian Riau Mandiri, yang terdiri dari buku Undang Undang Nomor 18 tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi, buku Peraturan Pemerintah Nomor 28,29 dan 30 tahun 2000, buku Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga LPJK, serta buku Peraturan Lembaga Nomor 11A tahun 2008 tentang Registrasi Usaha Pelaksana Jasa Konstruksi.

Demikian pula Pemimpin Redaksi Harian Riau Mandiri dalam kesempatan tersebut menyerahkan cindera mata kepada LPJK Nasional berupa buku ”Jejak-Jejak Basrizal Koto, Dari Titik Nol Menjadi Entepreneur Mulia”. Buku ini adalah pengalaman sukses Basrizal Koto, seorang pengusaha yang mulai dari titik nol hingga sukses dan menjadi seorang pengusaha terkemuka di Riau dan Sumatera. Yang bersangkutan juga merupakan Pemilik ”Riau Mandiri Goup”, dimana termasuk dalam group tersebut adalah Harian Riau mandiri.

Buku tersebut mendapatkan perhatian Bapak Jusuf Kalla yang waktu itu masih menjabat sebagai Wakil Presiden RI, dengan menuliskan pesan pada halaman muka buku, ”Bangsa yang besar ini perlu terus memperbanyak saudagarnya. Buku Basko ini kiranya dapat memicu minat orang untuk menjadi saudagar andal” Pemimpin Redaksi Harian Riau Mandiri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pimpinan Dewan Pengurus LPJK Nasional atas perhatiannya yang telah mengirimkan Nara Sumber pada acara Training Wartawan Riau Mandiri.

0 komentar: